SMAN 14 Medan Jaring Siswa Berkarakter

SMAN 14 Medan Jaring Siswa Berkarakter

 

Medan, (Analisa). Sekolah Menengah Atas Ne­ge­ri (SMAN) 14 Jalan Pelajar Ujung Medan melaksanakan program penjaringan siswa berka­rak­­ter dalam rangka mendorong lahirnya generasi yang siap meng­gapai kehidupan  lebih cerah ke depan.

Untuk tahap pertama telah ter­jaring sebanyak 50 siswa-sis­wi ber­karakter yang berhak mene­ri­ma piagam peng­har­gaan bersa­maan dengan peringatan Hari Pendidikan Na­sional (Hardiknas) yang digelar di sekolah terse­but, Se­nin (4/5) lalu.

Mere­ka yang merupakan sis­wa-siswi kelas I dan II itu, di­ha­rapkan akan menjadi tela­dan bagi rekan-rekannya yang lain un­tuk mem­bia­sakan diri selalu me­ne­gakkan di­sip­lin dalam ber­bagai hal.

Kepala SMAN 14 Medan, Drs.Sofyan Purba, MSN di­dam­pi­ngi Ketua Komite Se­kolah Ben­­ny Parlaungan Rambe, SH dan sejumlah dewan guru ke­pa­da war­tawan meng­ung­kapkan, ada beberapa kriteria/aspek peni­laian untuk me­nen­tukan sis­wa berkarakter, antara lain me­mi­­liki di­siplin tinggi, selalu hor­mat ke­pada guru maupun teman, cinta ling­kungan, dan memiliki ji­wa ke­­pemimpinan.

Sekolah Pertama

SMAN 14 Me­dan tercatat se­bagai sekolah per­ta­ma di Kota Medan yang memi­lih dan mem­be­ri­kan piagam peng­­hargaan kepada siswa ber­ka­rakter. Bah­kan mungkin se-Indonesia meng­ingat program ini ba­ru saja dica­nang­kan di tingkat nasi­onal. “Ja­di, kami sudah berbuat di saat orang lain sedang berencana,” ujar Sofyan Purba.

Menurut Sofyan Purba, ada  mot­­to yang perlu diingat dan di­camkan da­lam kehidupan kita se­bagai umat, yakni: “Dengan il­mu hi­­dup men­jadi lebih mudah, de­­ngan se­ni hi­dup menjadi lebih in­dah, dan de­ngan agama hidup men­ja­di lebih ter­arah”.

Kiranya segala sesuatu yang di­mulai dengan niat baik, akan meng­hasilkan yang benar-benar baik dan menggem­bira­kan kita semua.

Salah seorang siswa peneri­ma piagam penghargaan, M.Iz­lan Noor kepada wartawan me­nya­takan sangat gembira terpilih menjadi salah satu siswa berka­rak­ter, dengan harapan mampu mendorong lebih banyak siswa lainnya menerima piagam peng­har­gaan yang sama dalam ke­sem­patan mendatang.

Acara diramaikan paduan suara siswa-siswi, pertunjukan drama klosal bernuasa pendidi­kan, pe­nam­pilan pasukan pe­ngi­bar ben­dera (paskibra), dan hi­buran lain­nya.

social position

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *